Jumat, 06 Februari 2009

SEJARAH MAHA GURU QIRAAT

SEJARAH MAHA GURU QIRAAT

  1. Abu ‘Amr ibn al A’la

Nama lengkapnya, Abu ‘Amr ibn al A’la Asy Syamy at Tamimi Maziny

Al Bashary. Lahir di Makkah pada tahun 70 H (690M), meninggal di Kufah pada tahun 154 H (771 M) seorang imama lughah, adab dan qiraat.

Kata Abu ‘Ubaidah: “Abu ‘Amr sealim-alim manusia dalam urusan adab, ‘arabiyah, qiraat dan syi’ir”

b. ‘Abdullah ibn Katsir al Makky

Nama lengkapnya, “‘Abdullah ibn Katsir ad Dary al Makky. Lahir di Makkah pada tahun 45 H (665 M), meniggal di Makkah pada tahun 120 H (738 M). Salah seorang dari ahli qiraat tujuh, pernah menjadi qadli di Makkah.

c. Nafi’ ibn Nu’aim

Nama lengkapnya, Nafi’ ibn ‘Abdi Rakhman ibn Nu’aim Al Madany. Meninggal di Madinah pada tahun 169 H (785 M). Salah seorang yang ahli qiraat tujuh yang terkenal. Beliau berasal dari Ashbahan dan lama di Madinah.

d. ‘Ashim al Asady

Nama lengkapnya, ‘Ashim ibn Abim Nujud Bahdalah al Kufy al Asady. Meninggal di Kufah pada tahun 127 H (745 M). Seorang Tabi’y dan maha guru qiraat tujuh berasal berasal dari Kufah. Beliau terkenal juga dalam urusan hadits.

e. ‘Abdullah ibn ‘Amir

Nama lengkapnya, ‘Abdullah ibn ‘Amir al Yashaby asy Syamy. Lahir pada tahun 21 H (642 M), wafat pada tahun 118 H (736 M). Seorang guru qiraat, pernah menjadi qadli di Damascus kala Kahlifah Al Walid ibn ‘Abdul Malik.

f. Hamzah ibn Habib

Nama lengkapnya, Hamzah ibn Habib Az Zaiyat. Lahir di Kufah pada tahun 80 H (700 M), meniggal pada tahun 156 H (773). Salah seorang dari mahaguru qiraat. Di ketika hayatnya beliau mencari rezeki dengan jalan membawa minyak dari Kufah ke Halwan. Qiraatnyaditerima dengan ‘ijma para ulama.

g. ‘Ali ibn Hamzah al Kisa-y

Nama lengkapnya, Abdul Hasan ‘Ali ibn Hamzah ibn ‘Abdillah al Asady al Kufy, seorang maha guru qiraat, terkenal juga dalam bidang nahwu dan lughah. Lahir di Kufah, berkediaman di Baghdaddan meninggal di Ray, pada tahun 189 H (805 M).

h. Abu Ja’far Yazid

Nama lengkapnya, Abu Ja’far Yazid ibn al Qa’qa. Meninggal di Madinah pada tahun 132 H (750 M). Slah seorang ahli qiraat yang terkemuka di Madinah. Di masa hayatnya beliau mengajarkan qiraat dan memberi fatwa.

i. Ya’qub ibn Ishaq

Nama lengkapnya, Ya’qub ibn Ishaq ibn Zaid al Hadramy. Lahir di Bashrah pada tahun 117 H (735 M). meniggal di kota yang sama pada tahun 225 H (820 M). Seorang ahli qiraat di Bashrah, terkemuka dalam bidang ‘Arabiyah adab.

j. Khalafah ibn Hisyam

Nama lengkapnya, Muhammad Khalafah ibn Hisyam al Bazzar, seorang pemuka qiraat, meniggal di Baghdad pada tahun 229 H (844 M)


SEJARAH ULAMA-ULAMA QIRAAT


a. Harun ibn Musa an Nahwy

Nama lengkapnya, Harun ibn Musa Qary an Nahwy. Meninggal pada tahun 197 H. Seorang ahli Nahwu dan qiraat yang terkenal.

b. Abu ‘Amir Ad Dany

Nama lengkapnya, Usman ibn Sa’id. Lahir di Denia di sebuah kampong di Spanyol pada tahun 372 H=928 M, meninggal pada tahun 444 H (1062 M). Terkenal dengan nama “Ibnush Sharafy” salah seorang dari pemuka hadits dan salah seorang dari ikutan manusia dalam urusan ilmu Al-Quran, riwayat dan tafsirnya.

Beliau banyak benar mempunyai karangan. Di antaranya “At Taisir”. Di dalamnya Beliau terangkan tentang keadaan madzhab qiraat-qiraat yang tujuh.

c. Abu Muhammad Qasim Asy Syathiby

Nama lengkapnya, Abu Muhammad Qasim ar Raliny Asy Syathiby. Lahir pada tahun 538 H (1144 M), meninggal di Mesir pada tahun 950 H (1194 M). Seorang ikutan manusia dalam soal qiraat. Beliau dilahirkan di Syathibah, sebuah kampung di Spanyol.

Di antara kitabnya, “Hizrul Aman”, atau “Asyathbiyah”. Isinya tentang hal qiraat. Dan Beliau terpandang juga dalam soal lughah, ahdits dan tafsir.

Tidak ada komentar: